PDA

View Full Version : WC Anda Mampet? ini solusinya


aulia ainin
12th September 2008, 02:36 PM
Saluran WC sering mampet. Kejadian ini sering membuat pemilik rumah bingung, sebab tidak tahu harus berbuat apa. Jika anda mengalami hal serupa, jangan khawatir, atasi aja dengan mengambil garam dapur sebanyak 1kg, masukkan dalam ember, campur 1 liter air, tuangkan ke dalam saluran wc, biarkan sekitar 5 jam, siram banyak air dengan cara menghentak. Saluran wc-pun akan lancar

Rista Iwanti
13th September 2008, 08:26 PM
Bagus juga solusinya.....cuma ada temen pernah nyoba tips seperti itu, tapi tidak berhasil akhirnya dia memanggil tukang yang ahli ngurusin wc mampet, ternyata....di dalam wc itu terdapat banyak pembalut, setelah diselidiki ternyata mantan pembantunya yang membuang sembarangan. Jadi sebagai tambahan tips tersebut, bila menerima pembantu diharap bahwa buang pembalut nggak boleh sembarangan.

setyowati79
13th September 2008, 11:16 PM
panggil tukang buat sodok2 wc aja...pake garem gak mempan :D

aulia ainin
15th September 2008, 12:17 PM
manggil tukang sih solusi bagi yg males usaha,tapi gapapa sambil kasih kerjaan orang

setyowati79
15th September 2008, 08:33 PM
gue pernah coba pake garem......trus besoknya coba lagi pake soda api...tetep gak mempan........panggil tukang sedot deh.........cespleng

umeda2004
13th July 2009, 11:05 PM
Bagi teman-teman yang ingin tahu cara mengatasi spetic tank / WC rumah yang mampet atau bau, saya ada solusinya:

1. Tuangkan 1 botol DEGRA SIMBA ke dalam closet WC
2. Siram dengan air dan biarkan 4-5 jam (jangan dipakai dulu)
3. Dalam waktu 1 Minggu, isi spetic tank / WC yang mampet akan terkuras sampai 80 % menjadi CO + H2O yang tidak berbau dan mencemari lingkungan

Informasi lengkap dapat dilihat di:

www.degrasimba.netne.net (http://degrasimba.netne.net)

sugengrn
5th September 2009, 10:50 AM
Untuk mengatasi WC mampet / nggak lancar, cobalah pakai Soda Api. Soda Api bisa dibeli di toko-toko bahan bangunan / galangan (istilah orang Sidoarjo, Mojokerto, dan sekitarnya). Harganya lumayan murah, per bungkus Rp 7.500,- (isi kira-kira 400 gr). Ini harga kalau beli di toko bangunan Jati Jaya, di kota Pandaan Pasuruan, Jawa Timur. Di tempat lain mungkin bisa lebih murah / lebih mahal.
Dibanding biaya kalau kita mendatangkan Tukang WC, itu jauh lebih murah.
Caranya :
1. Rebus air 1 panci ukuran sedang sampai benar-benar mendidih.
2. Masukkan kira-kira 100 200 gr Soda Api ke lubang WC/ Closet yang buntu/tidak lancar tadi.
3. Lalu air mendidih tadi tuangkan semua pelan-pelan ke lubang WC.
4. Hat-hati karena akan ada reaksi kimia yg hebat, soda api akan larut dengan cepat dan lubang WC akan bergolak hebat sambil mengeluarkan asap tipis yg baunya menyengat, tutup hidung, dan jangan sampai nyiprat ke tangan atau bagian tubuh anda, bisa terbakar/mloncot kulit anda.:eek:
5. Biarkan kira-kira 5 sampai 10 menit, atau sampai air panas + soda api tadi masuk ke WC, agak lama mungkin, jika WC sudah buntu parah.
6. Ulangi step 1 sampai 5 diatas, sampai WC benar-benar lancar.:)
7. tapi kalau sampai diulangi kira-kira 10 kali atau lebih, nggak kelihatan hasilnya, lebih baik bongkar saja WC anda.:D
8. WC yang sering buntu disebabkan oleh : Konstruksi WC/perpipaannya jelek, kalau berak sering nyiram/ngguyur airnya kurang banyak, atau pipa WC jadi sarang kecoak.
Semoga ini bisa membantu anda.
Inspirasi ini saya dapat setelah browsing di internet dan menemukan info dari blog di bawah ini : http://blog.pengunjungsetia.com/2009/08/mengatasi-wc-mampet-dengan-soda-api.html

hitamlegam
6th September 2009, 05:38 AM
Kalau pake soda api lama lama Saluran aer nya yang penuh Mbak..

candrauosn
4th July 2010, 09:54 AM
Bagi Anda yang mengalami masalah saluran WC mampet, saya mau berbagi cerita dan tips untuk mengatasinya. Dulu dirumah saya pernah mengalami masalah saluran WC mampet hingga berhari-hari tidak kunjung selesai. Awalnya air masih bisa meresap kedalam tapi keliatan kayak terhambat. Selang sehari kemudian, air bahkan tidak mau tidak mau terserap samasekali. Kemudian aku coba coba buka internet lewat Google untuk cari solusi tentang WC mampet. Banyak artikel menyarankan memberikan garam dapur dan soda api. Karena bingung juga, akhirnya aku coba pakai garam dapur.

Aku beli garam kasar sebanyak 3 kg kemudian aku langsung tuang saja ke dalam lubang WC yang masih menggenang airnya. Sekitar 6 jam kemudian, aku liat ternyata WC sudah kering banget. Bahkan tak tertinggal garam dapur sedikitpun. Wah rasanya senang banget waktu itu. Kemudian aku coba mengguyur pakai air. Tapi ternyata air juga masih menggenang tidak mau terserap sama sekali seperti awal semula. Karena masih penasaran aku beli lagi garam dapur 3 kg tapi kali ini tidak langsung aku tuang melainkan aku larutkan dulu dengan air. Dan larutan air itu kemudian aku tuang ke lubang WC. Sekitar 6 jam kemudian, air ternyata masih tetap utuh tidak terserap sedikitpun.

Kemudian aku ke Supermarket dan menemukan produk untuk WC mampet (lupa namanya) bungkusnya biru harga waktu itu 1 bgks sekitar Rp. 3.500,00 tapi ada juga yang botolan dengan merek yang sama. Saya baca ternyata isinya caustic soda (soda api). Kemudian saya membeli 2 bungkus produk tersebut. Sesampainya dirumah, air yang masih dipenampungan WC aku kuras sampai bersih kemudian aku tuang sekaligus 2 bungkus soda api tersebut + air sekitar 500 ml dan sekitar 15 menit langsung aku guyur air dengan kencang memakai bak (sesuai petunjuk penggunaan). Hasilnyapun ternyata masih tetap sama. Gagal

Karena saya yakin WC mampet tersebut bukan karena septitank yang penuh (rumah baru), akhirnya aku ke toko bangunan untuk membeli soda api lagi. Ditoko bangunan menawarkan soda api cair dan padat harganya sama yaitu soda api cair sekitar 1 liter harga Rp. 7.500,00. kemudian aku membeli soda api cair 1 liter dan yang padat 1 bungkus. Sesampainya dirumah aku kuras lagi air yang menggenang, kemudian aku langsung tuang soda api cair dan padat. Reaksinya cukup kuat banget. Hati-hati jangan sampai kena kulit. Tapi hasilnya tetap sama.

Mungkin cara memakai garam dapur dan soda api akan berhasil bila antara lubang wc dengan kotoran yang menyumbat tidak terdapat genangan air sehingga soda api dapat lagsung menghancurkan kotoran. Tapi jika saluran wc tersebut masih terdapat genangan air maka soda api tidak dapat mencapai sasarannya.

Aku dan istri sudah bingung banget dan berencana memanggil tukang WC untuk membongkarnya. Setelah merenung akhirnya aku menemukan ide yang lumayan unik. Aku menemukan 2 ide yang prinsipnya sebenarnya sama. Berikut ini tips/solusi jitunya :

Tips Pertama :
1. Pastikan wc mampet bukan karena septitank sudah penuh.
2. Perlengkapan : Selang air dan kain yang tidak terpakai (gombal)
3. Kuras air yang masih ada dipenampungan sampai bersih
4. Masukkan selang air kedalam lubang wc sedalam mungkin
5. Sumbat lubang wc yang sudah dimasukin selang dengan kain. Usahakan kain agak banyak dan menutup lubang wc serapat mungkin jangan sampai air meresap keluar.
6. Sambungkan ujung selang yang satunya ke kran air.
7. Lebih efektif dengan 2 orang yang satu menahan kain biar tidak ditembus air (ditekan) dan yang satunya menahan selang air agar tidak lepas dari kran.
8. Buka kran dan tahan terus. Diawal-awal mungkin tekanannya akan terasa. Tahan terus.
9. Coba dengarkan didekat wc kalo terdengar air sudah mengalir berarti anda sudah berhasil.
10. Usahakan kran anda terhubung dengan pompa air langsung karena bila dirumah anda memakai bak penampungan air mungkin tekanannya kurang kuat.
Dengan cara ini saya berhasil mengatasi saluran WC mampet tanpa keluar biaya yang lebih besar. Tetapi ada 1 cara lagi tetapi cara ini belum saya praktekkan karena dengan cara 1 tersebut diatas saya sudah berhasil. Tapi mungkin bila Anda yang mencoba cara 1 tersebut diatas tidak berhasil, coba cara 2 dibawah ini dengan prinsip sama.

Tips Kedua:
1. Pastikan wc mampet bukan karena septitank sudah penuh.
2. Perlengkapan : pompa ban sepeda dan kain yang tidak terpakai (gombal) syukur-syukur kalo punya kompressor angin
3. Kuras air yang masih ada dipenampungan sampai bersih
4. Masukkan selang pompa kedalam lubang wc sedalam mungkin
5. Sumbat lubang wc yang sudah dimasukin selang dengan kain. Usahakan kain agak banyak dan menutup lubang wc serapat mungkin jangan sampai air/udara meresap keluar.
6. Lebih efektif dengan 2 orang yang satu menahan kain biar tidak ditembus air (ditekan) dan yang satunya memompa.
7. Pompa terus sekuat mungkin. Diawal-awal mungkin terasa berat sekali.
8. Bila tekanan pompa sudah ringan berarti anda sudah berhasil.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

khoiry
7th September 2010, 01:52 AM
gw udah pake cairan biosept namanya, dan terbukti wc tidak bau lagi dan langsung lancar lagi..
Lihat di http://peluang-usaha.tokobagus.com/lain-lain/dibuka-peluang-jadi-agent-sub-agent-biosept-664186.html?searchquery=text:biosept

zifoe
2nd October 2010, 01:32 AM
mantap tips nya.....

AxiooNeon
9th October 2010, 11:20 PM
infonya mantap nih

keep share yah

napoclean
7th November 2010, 12:11 PM
mantap infonya :)
Thans banget and keep share yah :p

infonita
12th November 2010, 04:46 PM
Waduh ikut baca aja, sepertinya yang paling manjur hanya panggil tukang sedot WC nih :p

tangtingtung
18th November 2010, 09:05 AM
sirem 1 gayung mandi pake acid (HCL) atau pake soda api....
tapi HCL lebih ampuh...(Hati hati pada saat menuangkan ke wc..HCL sangat berbahaya kalau kena tangan kita harus cepat cepat di cuci...

Jamin pake HCL langsung plong...

denny0809
28th December 2011, 05:26 PM
masukan saya, kalau pakai air panas untuk disiram ke wc maka itu dilarang



Boleh lihat artikel saia yang lainnya ...
(1) aqiqah ketika anak usia baru lahir + 7 hari (http://forumnova.tabloidnova.com/showthread.php?t=26308&highlight=aqiqah)