PDA

View Full Version : 9 Jenis Makanan Anti Kolesterol


bodyhealth
26th March 2010, 11:01 AM
9 Jenis Makanan Anti Kolesterol (http://www.dessy.diet-sehat.com/node/27)

• Soya
Kacang soya mengandung 48 % protein, lesitin, vitamin dan zat galian. Ia juga dapat menghindarkan penyakit jantung dan kencing manis. Kaya kalsium dan mineral yang membantu memecah lemak. Ia membantu menyusutkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). Namun untuk penderita asam urat disarankan memilih makanan berbahan soya yang telah bebas zat purin.
• Kuaci. Kuaci mempunyai kandungan zat besi. Mengkonsumsi kuaci jenis tawar seperti dari jenis labu atau bunga matahari untuk menambah zat besi serta mengurangkan kolesterol.
• Buah Kering
Antar berbagai jenis buah kering, limau kering adalah yang paling banyak mengandung flavanoid. Mengkonsumsinya mampu menyingkirkan lebihan lemak LDL sehingga dapat mengurangkan resiko serangan jantung.
• Ikan Tuna. Termasuk sumber asid lemak omega 3 yang popular, selain salmon dan makarel. Omega 3 secara khusus melindungi tubuh dari peningkatan kadar kolesterol LDL.
• Kacang Tanah
Kacang tanah yang dipanggang mengandung lemak sehat dan kaya dengan vitamin E. Ia bias mencegah radikal bebas agar tidak merusak kolesterol LDL dan dapat menghindari tubuh dari serangan jantung.
• Mangga
Vitamin C banyak terdapat dalam mangga. Sumber lain belimbing, kedodong, pepaya, rambutan, strawberry dan kiwi. Vitamin C bisa mencegah kolesterol LDL dalam tubuh.
• Kismis
Mengandung sebatian yang mampu menurunkan kolesterol. Diet dengan 400 kalori kismis setiap hari boisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 8 %.
• Oat
Lebih daripada kajian saintifik yang dijalankan telah menunjukkan bahwa pemakaian oat setiap pagi bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Serat mudah larut dalam oat bisa mengurangi resiko penyakit jantung.
• Jambu Batu
Ia mampu menurunkan panas. Kolesterol dalam badan sebanyak 18,8 %. Disarankan mengkonsumsi setiap hari dalam jumlah mencukup untuk memastikan khasiatnya kepada tubuh.


:) (http://www.dessy.diet-sehat.com/node/14)

bodyhealth
26th March 2010, 11:11 AM
Apakah Anda sudah sarapan pagi dengan benar??? (http://www.dessy.diet-sehat.com/node/14)

Apakah sering lelah, cepat ngantuk, loyo dan bermasalah berat badan? Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan. Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Apakah Anda Tahu????

Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi! Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi. Dan... makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari?

Ada 3 kategori SARAPAN yaitu :

1. Sarapan Karbohidrat

Di pagi hari, karbohidrat simple(cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.


2. Tidak Sarapan

Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.


Apa Sarapan yang Tepat untuk Saya???

3. Sarapan Berdasarkan Protein.

Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi

INGIN SARAPAN SEPERTI INI? KLIK DI SINI! (http://www.dessy.diet-sehat.com/node/14)
:)

Titi Akmar
15th April 2010, 01:57 PM
Hai hai..

Wah sepertinya oke juga nih list makanan yang bebas kolesterol.
Tapi kalo kuacinya itu asin gemana..? Apakah berefek dengan kadar garam yang tinggi..?

Thanks :)

Titi Akmar

yolandatiana
3rd July 2010, 10:42 AM
terima kasih banyak atas infonya

bodyhealth
24th July 2010, 07:49 AM
Kandungan soy protein yg terdpt di dlm milkshake nutrisi herbalife terbukti sgt manjur utk menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes, kolesterol, menyehatkan jantung.;)

user_name
2nd August 2010, 04:26 PM
http://i827.photobucket.com/albums/zz196/di_arfika/Emoticonqu/keepposting.gif nice inpo ...

seopintar
9th August 2010, 05:21 PM
inpoh yang mangstab,,lanjut gan

radiant
18th August 2011, 01:13 PM
mangstab,,lanjut gan