PDA

View Full Version : Ide Bisnis: Membuat Kerajian Kantong Belanja dari Koran Bekas


gurujawa
21st July 2010, 05:21 AM
Kantong Plastik yang banyak digunakan mengandung efek negatif bagi lingkungan. Padahal setiap belanja kita selalu mendapat bonus kantong plastik. Semakin hari kantong plastik yang terkumpul sangat banyak dan jika kantong plastik sudah tidak bisa digunakan akan kita buang sehingga mengakibatkan pengotoran lingkungan karena kantong plastik butuh proses yang sangat lama untuk bisa terurai.

Sementara itu, koran yang sebenarnya mudah hancur dan bisa didaur ulang lagi sangat berlimpah ruah karena setiap hari selalu terbit yang baru sehingga koran lama biasanya dijual murah. Nah, sebetulnya dari koran-koran bekas itu bisa kita jadikan lahan bisnis.

Kita beli aja koran bekas yang masih bagus dari lapak-lapak atau dari pengepul koran bekas. Trus kita buat menjadi kantong belanja yang sederhana ( bisa juga sih dibuat yang bagus). Setelah jadi, kita tawarkan ke toko-toko kelontong atau ke tukang-tukang sayur sambil promosi pencemaran lingkungan kalo menggunakan kantong plastik. Nah, jadilah sebuah bisnis yang murah dan menghasilkan, bukan?

Keuntungan kita adalah:
1. Bisa berbisnis dari barang bekas ( koran ) yang berharga murah, hanya butuh sedikit ketrampilan membuat koran menjadi kantong belanja sekali pakai.
2. Masyarakat untung karena lingkungan tidak tercemari oleh kantong plastik
3. Kantong koran yang telah rusak dapat dikumpulin lagi untuk didaur ulang menjadi kertas daur ulang.

aldis
21st July 2010, 09:50 AM
oke juga sih ide-nya;)

tapi kira-kira laku ngga ya dipasaran?

Udah ada tuh bungkus-bungkus rinso dll yang di jahit, di bikin tas, bagus, apalagi kita membantu lingkungan dengan me-recycle barang-barang tsb:)

Nah tapi balik lagi, pertanyaannya : pasar suka ngga ya? Kalo ngga laku, kan ya sama aja...:confused:

nitip lapak:
Les Piano, Keyboard, Biola, wilayah Cibubur, hanya 190ribu/bulan (http://forum.tabloidnova.com/showthread.php?t=20163)

di_arfika
21st July 2010, 10:27 AM
good business idea,
http://emoticonizer.info/emo/waiting.gif menunggu ulasan prospek pangsanya kemana ajah ...

absasa
22nd July 2010, 08:22 AM
oke juga sih ide-nya;)

tapi kira-kira laku ngga ya dipasaran?

Udah ada tuh bungkus-bungkus rinso dll yang di jahit, di bikin tas, bagus, apalagi kita membantu lingkungan dengan me-recycle barang-barang tsb:)

Nah tapi balik lagi, pertanyaannya : pasar suka ngga ya? Kalo ngga laku, kan ya sama aja...:confused:

nitip lapak:
Les Piano, Keyboard, Biola, wilayah Cibubur, hanya 190ribu/bulan (http://forum.tabloidnova.com/showthread.php?t=20163)

betul...laku ga yah.......

gurujawa
22nd July 2010, 11:59 AM
Bukus rinso dll udah ada yang produksi emang, ibu-ibu! Makanya entu, ideku buat kantong belanja dari koran bekas ( hehehe).kalo bungkus rinso kan tetep aja dari plastik kan? Kalo rusak dibuang, tetep aja mencemari lingkungan. Nah kalo dari kertas koran kan kalo dah rusak, kumpulin lagi buat kertas daur ulang! Trus untuk pemasaran, jual aja ke tukang-tukang sayur keliling, toko-toko kecil, warung2 kelontong. Buat beberapa model, kecil,sedang dan besar. Misal, kecil jual Rp.500, sedang Rp.750 dan besar Rp.1000. Kan bisa dipake berulang-ulang ( asal belanjaan kering lho ya!)

gurujawa
22nd July 2010, 12:01 PM
Pangsa pasar:
1. Tukang-tukang sayur keliling
2. Toko-toko kelontong sekitar rumah
Kalo bisa buat ukuran kecil, sedang, dan besar. Untuk harga misalnya kecil Rp.500, sedang Rp.750 dan besar Rp.1.000. Sekali tuh tukang-tukang sayur suruh njualin ke pelangga barang kali minat sekalian nambahin penghasilan tukang sayur keliling ( hehehe ).

bundaaby
22nd July 2010, 02:45 PM
di sekitar rumahku juga ada yg jualan kayak gitu, pokoknya orang kreatif pasti dapet duit deh . asal diimbangi juga dengan semangat dan pantang menyerah.

kepikemas
22nd July 2010, 04:04 PM
good business idea,
http://emoticonizer.info/emo/waiting.gif menunggu ulasan prospek pangsanya kemana ajah ...

Mau cari pasar gampang... posting aja ke forum ini produknya, pasti 1-2 akan nyantol buat beli ;)

geofanny
22nd July 2010, 06:06 PM
Mantap... ide ini bisa lho jadi kenyataan..
Bukankah selama ini kita baru mengenal kantong berbahan kertas bekas dipakai oleh tukang gorengan...?

Kalau kita kreatif, saya yakin para tukang sayur, toko kelontong, dll pasti mau memanfaatkan kantong kertas bekas koran ini.!!

Sukses ya bu...

rini kusrini
23rd July 2010, 11:46 AM
ide bagus tuch...moga-moga terealisasi yach

arnida19
31st July 2010, 12:26 AM
Saya suka banged yg re-cycle2 an kayak gini !;) Tapiii.... gimana ya supaya masyarakat pada 'ngeh' gitu, kalau yang seperti ini, is worth ??? :confused:

iyasmommy
1st August 2010, 10:25 PM
Ide ini menarik walau sebenarnya kantong belanja dari kertas sudah sangat umum dipakai di beberapa negara lain; yg menjadi unik adalah ini bukan sembarang kertas, tapi kertas koran.
Tiba2 tercetus pertanyaan di benak saya, untuk membuat kerajinan kantong belanjaan dari koran ini bagaimanapun tetap butuh biaya yg tidak sedikit, karena kita harus mempekerjakan orang untuk bisa menghasilkan kantong belanja tsb. Bagaimana kalau ternyata permintaan pasar akan kantong belanja dari koran ini meningkat, sementara pembuatannya tidak bisa dilakukan dengan cepat (harus dengan ketrampilan manusia tidak lewat tenaga mesin seperti halnya dalam menghasilkan kantong belanja berbahan plastik secara massal). Nah sebagai masukan mungkin harus dipikirkan bagaimana mengantisipasi apabila ternyata permintaan pasar akan kantong belanja dari koran ini meningkat pesat, waktu produksi dapat dilakukan dengan singkat dan dengan biaya produksi yg rendah pula.

lledwt
2nd August 2010, 12:11 PM
[ide bagus tuch bu...
di luar negeri saja swalayan-swalayan menggunakan kantong kertas untuk pembungkus barang belanjaan.
kenapa ya di indonesia tidak menerapkan hal serupa salah satunya kan bisa di buat seperti ide ibu ini dari daur ulang koran bekas

astri damayanti
3rd August 2010, 11:46 AM
sepertinya gak cuma koran bekas aja mbak, semua jenis kertas juga bisa kan di daur ulang. KAlau koran bekas kan sekarang ada harganya, sedangkan kertas bekas ada banyak kantor yang ngasih dengan gratis terutama dari kertas yang sudah dihancurkan, itu kan lebih mudah mengolahnya jadi kertas daur ulang. Temenku juga ada kok yang dah sukses bisnis daur ulang kertas, kuncinya ya dari promosi dan banyak belajar juga ngikuti perkembangan jaman..... good luck ya mbak

bidamyta
3rd August 2010, 02:31 PM
go green....kalau pangsa pasarnya belum ada khan bisa kita mulai dari diri kita dulu trus ibu2 tetangga....ntar lama2 juga bisa nyebar....sambil usaha sambil menyelamatkan lingkungan....
tetep smangat lho:p

frestea
9th November 2010, 09:09 AM
ah saya setuju niiih >> kalo ada yang jualan kasih kabar ya ..

sepertinya bisa di pakai nih untuk pembungkus orderan www.tokobayimurah.com:):):)

AxiooNeon
18th November 2010, 06:48 PM
nanti saya mampir sis

daf11
2nd December 2010, 08:55 PM
nah ini baru kreatif menagolah barang tak berguna jd bernilai

forex trading system (http://forextdsystems.blogspot.com/)
forex trading tutorial (http://forextutorial1.blogspot.com/)

januaranas
2nd December 2010, 11:42 PM
wah berita hot banget.......

_________________________________

Free SEO Secret (http://januar-anas.blogspot.com/)
RUmah mungil yang sehat (http://januar-anas.blogspot.com/2010/11/rumah-mungil-yang-sehat-pilihan-anda.html)
Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Bergabung Dengan Oriflame (http://januar-anas.blogspot.com/2010/10/inilah-alasan-kenapa-anda-harus.html)
Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia (http://januar-anas.blogspot.com/2010/10/mobil-keluarga-ideal-terbaik-indonesia.html)
Indonesia Siap Bersaing di SERP (http://aremablog.co.cc/indonesia-siap-bersaing-di-serp/)
Blogke arek malang (http://aremablog.co.cc/)

radiant
4th December 2010, 10:32 AM
thanks infonya gan